PROGRAM KERJA

Pembaharuan terakhir 2019-09-24 18:37:25 45 hits

PERENCANAAN PENDIDIKAN

Bentuk-bentuk perencanaan pendidikan di SMAN 2 BAYAH adalah :

  1. Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) 4 tahun yang menggambarkan tujuan yang ingin dicapai termasuk peningkatan mutu lulusan;
  2. Rencana Kerja Tahunan (RKT) yang dikenal dengan nama Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS);
  3. RKS dan RKAS disusun bersama antara Kepala Sekolah, Guru-guru, Pegawai dan Komite Sekolah;
  4. RKS dan RKAS dijadikan dasar pengelolaan sekolah yang ditunjukkan dengan : kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan dan akuntabel.

Rencana Kerja Sekolah meliputi :

  1. Kurikulum dan kegiatan pembelajaran;
  2. Kesiswaan;
  3. Pendidikan dan tenaga kependidikan serta pengembangannya;
  4. Sarana dan prasarana;
  5. Keuangan dan pembiayaan;
  6. Budaya dan lingkungan sekolah;
  7. Peran serta masyarakat;
  8. Rencana-rencana kerja lain yang mengarah pada peningkatan dan pengembangan mutu pendidikan.

RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH (SCHOOL DEVELOPMENT PLAN/ SDP)

Rencana Pengembangan Sekolah (School Development Plan/ SDP) ini disusun berdasarkan kondisi internal yang meliputi kekuatan (strenght) dan kelemahan (weakness) dan kondisi eksternal yang mencakup peluang (opportunity) dan ancaman (threats) dari SMAN 2 Bayah sebagai acuan dalam pengembangan program-program yang harus dilaksanakan oleh SMAN 2 Bayah Rujukan, yakni : 1) Layanan SMA, 2) Manajemen SMA, 3) Proses Pembelajaran, 4) Sarana Prasarana, 5) Lulusan yang Berdaya Saing Tinggi, dan 6) SMA sebagai Pusat Pelatihan.

Sasaran-sasaran program dan sub-program yang hendak di capai dalam 5 (lima) tahun kedepan yakni tahun 2014 s.d. 2020 antara lain : Program pengembangan Layanan SMA, yang terdiri dari a) Layanan kepada siswa dan masyarakat, b) Layanan Pembelajaran, c) Layanan kerja sama DUDI dan institusi lainya, d) Layanan Fungsi Majemuk, dan e) Kepercayaan banyak pihak.

Program pengembangan Manajemen SMA mencakup; a) Organisasi Sekolah; b) Administrasi Sekolah; c) Sumber Daya Manusia; d) Manajemen Fasilitas dan Lingkungan; e) Manajemen Kesiswaan; dan f) Pemberdayaan Masyarakat; serta g) Manajemen Strategik.

Kemudian program pengembangan Proses Pembelajaran, mencakup a) Ketersediaan dokumen pembelajaran, b) Menerapkan pendekatan ilmiah; c) Penerapan Penilaian Autentik; d) Rancangan dan implementasi pembelajaran jarak jauh dan melakukan kolaborasi pembelajaran; e) Menggunakan dua bahasa minimal 2 mata pelajaran produktif pada program keahlian unggulan, f) Pengembangan pembelajaran bahasa asing lain selain bahasa. Inggris; g) Pembelajaran Praktik menggunakan alat sesuai tuntutan kompetensi; h) Pembelajaran berbasis Entrepreneurship; dan i) Melibatkan Industri dalam proses pembelajaran dan penilaian.
Pada program pengembangan Sarana Prasarana, meliputi ; a) Gedung dan Fasilitas Sekolah, b) Fasilitas Pembelajaran Teori, c) Fasilitas Pembelajaran Praktik, dan d) Fasilitas umum.

Program pengembangan Lulusan yang Berdaya Saing Tinggi, mencakup; a) Lulusan SMA Berdaya saing, b) Keterserapan di Dunia Kerja, dan c) Kualifikasi dibidang akhlak mulia.

Sedangkan program pengembangan SMA sebagai Pusat Pelatihan, meliputi; a) SMA sebagai pusat belajar bagi masyarakat; b) SMA sebagai pusat belajar bagi industri; dan c) SMA sebagai pusat belajar bagi masyarakat sekitar.

Di samping itu, dalam Rencana Pengembangan Sekolah (School Development Plan/ SDP) SMA Negeri 2 Bayah ini juga disampaikan rencana alokasi anggaran yang diperlukan dalam pelaksanaan program-program pengembangan jadwal pelaksanaan kegiatan untuk 5 (lima) tahun ke depan (2019 s.d. 2024).

KOMENTAR

  • Data tidak ada atau belum tersedia.
  • Data tidak atau belum tersedia.

Bagaimana pendapat Anda mengenai informasi yang disampaikan dalam website ini ?

Apabila ada yang ingin dikonsultasikan, silakan untuk menghubungi kami.